Spesifikasi dan Daftar Harga Kamera Nikon Terbaru 2014

Jumat, 24 Januari 2014

MEmbeli kamera DSLR untuk bagi pemula

Anda masih pemula untuk dunia pemotretan? oke berikut ini adalah tips untuk pemula seperti anda yang wajib anda ketahui untuk wawasan dalam dunia kamera.

Berikut ada beberapa hal yang sudah dirangkumkan yang sebaiknya  diperhatikan sebelum membeli kamera DSLR untuk pemula:

1. Kebutuhan dan Budget

Hitung dulu budget anda seberapa, namanya kamera yang khusus fotografi untuk hobi tidak bakalan ada batasnya lalu hal yang harus diutamakan adalah kebutuhan, bagi pemula sebaiknya jangan memilih dan membeli kamera DSLR dengan budget yang mahal. Karena sekali lagi, kebutuhan anda adalah untuk belajar fotografi. Disarankan untuk membeli kamera dengan harga standar dan fitur yang tidak terlalu rumit, sehingga dapat memudahkan anda dalam proses belajar memotret. Ketika anda sudah merasa lebih mahir, silahkan memilih kamera yang lebih canggih.

2. Sensor

Ada 3 kategori untuk sensor pada kemera, yaitu fullframe, APS-C dan Four-Thirds. Sensor full frame artinya sensor  kamera DSLR yang memiliki ukuran sensor yang ukurannya sama dengan ukuran film pada kamera analog. Jadi apa yang anda lihat di viewfinder ketika memotret, maka akan seperti itu lah hasil fotonya. Tanpa ada bagian yang ter-crop. Untuk jelasnya bisa dibaca pada post kamera dslr pemula vs profesional

Kamera dengan sensor APS-C memiliki ukuran sensor yang cenderung lebih kecil.  Resikonya adalah, akan ada beberapa bagian foto yang hilang atau di crop karena ukuran gambar di sensor tidak sama seperti yang anda lihat di viewfinder. Namun keuntungannya adalah harga kamera dslr murah dan kamera body akan terasa lebih ringan.

Kamera dengan sensor Four-Thirds. Jenis ini adalah yang paling populer saat ini. Dengan ukuran sensor yang lebih kecil dari sensor APS-C, maka ukuran body akan  menjadi lebih kecil serta lebih ringan. Sehingga mudah dibawa kemana-mana. Kualitas gambar yang dihasilkan pun tetap sama.

Contoh kamera berdasarkan ukuran sensor:

Full frame:

Nikon D600, Canon 5D mark III, Nikon D4, Nikon D700, Nikon D800, Sony A99.

Crop sensor APS-C :

Sony SLT A37/A57, Canon Nikon D3000/D3200/D90/D7000, 600D/650D/60D/7D, Sony A390.

Four-Thirds :

Sony NEX, Fuji XE-1, Canon EOS-M, Olympus EPL/EPM/EP, Nikon J1/V1Panasonic GF.



3. Resolusi Kamera

Jangan tertipu dengan resolusi kamera, mungkin anda pernah bingung kamera merk a resolusi A harganya sekian lalu kamera B harga sekian. Resolusi itu adalah tingkat kerapatan titik titik yang membentuk foto, nah umumnya kamera dengan resolusi 10 MP (apapun jenisnya) walau dicetak untuk ukuran banner pun tidak bakalan pecah-pecah detailnya. Kecuali anda mau membuat foto sebesar lapangan bola. Jadi harap bijak sebelum membeli kamera dslr untuk pemula ya!

4. ISO

Fitur yang juga harus diperhatikan pada kamera DSLR untuk pemula adalah ISO. ISO sangat dibutuhkan untuk memotret pada kondisi cahaya minim atau di tempat gelap.

ISO mendeskripsikan kepekaan cahaya dari sensor yang ada di kamera DSLR terhadap standar umum. Nilai ISO tinggi di kamera berarti gambar yang dihasilkan lebih terang. Tapi ISO tinggi sangat dipengaruhi juga oleh kualitas sensor kamera di DSLR dan juga fungsi noise reduction supaya hasil foto tetap berkualitas meskipun diambil di tempat yang minim cahaya. Umumnya kamera dslr untuk pemula tidak peka terhadap keadaan minim cahaya. Sebelum  anda membeli kamera dslr perlu diketahui, ana sebaiknya jangan juga terlalu fokus bahwa kamera harus mengambil gabar ditempat yang minim cahaya. Bila minim cahaya ya tinggal beli lampu flash saja, banyak yang murah meriah.

 Nah sekain dulu untuk ulasan di atas dan semoga bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih atas kunjunganya dan salam.

MEmbeli kamera DSLR untuk bagi pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sania NIrmala

0 komentar:

Posting Komentar