Spesifikasi dan Daftar Harga Kamera Nikon Terbaru 2014

Kamis, 06 Februari 2014

Tips memaksimalkan Kamera DSLR untuk Pemula

Tips untuk memaksimalkan Kamera DSLR untuk Pemula

Tips memaksimalkan Kamera DSLR untuk Pemula
Gunakan Autofocus
Bagi anda yang masih pemula, saya sangat menyarankan utnuk tidak menggunakan maula fokus pada saat memotret, terutama pada saat memotretobjek yang bergerak. Mendapatkan fokus dengan cara manual akan menjadi hal yang sulit ketikaemotret objek bergerak, dan bisasajamenghasilkan foto yang tidak baik. Sebaiknya anda mempertimbangkan untuk menggunakan mode auto fokuspada kaera anda, sehingga anda dapat merekam kejadian-kejadian penting tanpa harus kecewa karena foto yang tidak fokus. Sebenarnya ada tiga pilihan autofokuspada kamera DSLR:

Gunakan Format Gambar RAW
Format gambar RAW adalah format yang menunjukan hasil gambar  murni hasil dari proses pengolahan sensor pada kamera anda  dengan menunjukan pixel yang sesungguhnya.  Bagi anda yang masih pemula, tentu akan kesulitan dalam menentukan aperture yang tepat ketika memotret, oleh karena itu saya sangat menyarankan anda untuk mengatur formatfile pada kamera anda pada format RAW. Format ini akan memudahkan anda untuk memperbaiki hasil foto yang kurang sempurna dengan menggunakan software pengolah RAW yang dapat menentukan eksposure yang tepat pada hasil foto anda. Apabila anda ingin memotret dengan format file ini, saya sarankan anda untuk memiliki kapasitas memori yang besar karena format file ini ukurannya cukup besar dikarenakan kualitas gambar dan pixel yang maksimal.

Manfaatkan Sensor Cleaning

Pembersihan sensor  perlu dilakukan secara teratur pada kamera DSLR anda, karena kemungkinan hinggapnya debu dan kotoran pada sensor kamera DSLR anda. Anda dapat memanfaatkan teknologi Sensor Cleaning yang dapat membuat  kamera secara otomatis membersihkan sensor. Namun, anda juga perlu mempertimbangkan untuk membersihkan sensor secara manual. Saya sarankan untuk berhati-hati jika anda ingin  membersikannya secara manual. Serta gunakanlah peralatan yang khusus didesain untuk membersikan sensor.

White Balance
Meskipun ada pengaturan auto white balance, lebih baik anda menentukan WB anda secara  manual. Misalnya dengan memilih white balance satu-persatu dan mencobanya, sehingga anda dapat menemukan kondisi warna yang pas dan sesuai keinginan. Misalnya mode cloudy dapat digunakan saat mendung, atau senja hari pada kondisi cahaya redup.

Manfaatkan Depth of Field preview
Pada kamera, biasanya disertakan tombol DOF Preview yang dapat  membantu anda untuk melihat perkiraan hasil foto yang akan dihasilkan oleh kamera DSLR .  dapat digunakan sebagai acuan untuk menentukan pengaturan aperture dan speed yang tepat ketika anda ingin memotret.


Gunakan Image Stabilizer

teknologi Image Stabilization pada Lensa dan Sensor Kamera DSLR dapat memudahkan anda dalam menghasilkan gambar  yang tajamdan halus meskipun anda berada pada lokasi pemotretan yang minim cahaya, selain itu image stabilization berfungsi untuk meredam goncangan yang mungkin erjadi pada  saat anda memotret.menggunakanya. Namun apabila anda ingin mencegah goncangan pada kamera, sebaiknya anda menggunakan tripod.

Gunakan Noise Reduction

Pada saat ini kamera sudah dilengkapi dengan pengaturan untuk mengurangi noise yaitu noise reduction. Inidapat digunakan apabila andamemotret pada kondisi cahaya minim yang mengharuskan andamenggunakan ISO dengan angka yang besar. Sebuah terobosan baru di dunia fotografi yang semakin memudahkan anda dalam menciptakan foto yang maksimal.

Nah semoga ulasan di atas mengenai Tips untuk memaksimalkan Kamera DSLR untuk Pemula bermanfaat untuk anda, Terima kasih telah membaca artikel di Blog Harga Kamera Nikon.

Tips memaksimalkan Kamera DSLR untuk Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sania NIrmala

0 komentar:

Posting Komentar