Spesifikasi dan Daftar Harga Kamera Nikon Terbaru 2014

Minggu, 20 Juli 2014

Memahami Kode-Kode Lensa Kamera DSLR

Memahami Kode-Kode Lensa Kamera DSLR - Untuk memahami fungsi dan tipe lensa Canon, tentunya kita juga harus paham kode-kode yang tertera pada lensa Canon tersebut. Bagi kebanyakan orang awam, kadang membingungkan karena tiap lensa dilengkapi dengan kode yang berbeda. Akan tetapi jika kita sudah paham, justru akan memudahkan dalam membaca dan memahaminya. Tiap merk lensa akan mempunyai kode-kode berbeda, baik itu Nikon, Sigma, Tamron, Sony maupun merk lensa lainnya. Saya coba rangkumkan secara singkat kode-kode tersebut.

Memahami Kode-Kode Lensa Kamera DSLR

EF – ElectroFocus

EF adalah singkatan dari ElectroFocus, yaitu lensa tersebut memiliki motor sendiri untuk autofokus. Lensa EF didesain khusus untuk kamera Canon full frame (EOS 5D Mark xx, EOS 1D Mark xx), tetapi tetap dapat digunakan pada bodi kamera non-full frame. Hanya saja perlu diperhatikan adalah adanya crop factor dari bodi kamera non-full frame, sehingga lebar gambar yang ditangkap akan berbeda hasilnya (lebih sempit).

EF-S – ElectroFocus Shortback

Sama seperti pada lensa EF, hanya saja secara fisik ujung belakang lensa lebih masuk ke dalam mounting kamera. Lensa EF-S didesain khusus untuk kamera Canon non-full frame, jadi tidak bisa digunakan pada kamera full frame.

L – Luxury

Lensa yang serinya memang lebih mewah dibanding EF dan EF-S standar. Lensa Canon seri L dirancang menggunakan material optik berkualitas prima sehingga harganya jadi lebih mahal. Lensa tipe ini memang ditujukan untuk kalangan fotografer profesional atau pehobi kelas berat atau yang memang punya uang untuk membelinya :). Semua lensa seri L berada dalam tipe lensa EF sehingga bisa digunakan pada kamera full frame maupun kamera non-full frame.

IS – Image Stabilizer

Seperti namanya, lensa yang mempunyai kode ini dilengkapi dengan teknologi Image Stabilizer, yaitu teknologi yang berfungsi untuk mengkompensasi getaran tangan saat melakukan pemotretan. Fungsi ini sangat berguna untuk pemotretan dengan cahaya rendah atau saat pemotretan jarak jauh.
USM – Ultra Sonic Motor

Lensa yang dilengkapi kode USM berarti lensa tersebut memiliki motor auto focus yang lebih cepat, suara yang tidak berisik dan lebih hemat konsumsi baterenya. Kemudahan lainnya adalah kita bisa mengganti mode auto focus ke mode manual focus hanya dengan memutar ring lensa. Sangat berguna jika subyek foto bergerak terus.

DO – Diffractive Optic

Lensa dengan fitur DO dirancang untuk meminimalkan chromatic aberration (efek halo pada subjek foto) sekaligus mengurangi berat serta ukuran lensa.

f/number – Aperture Number

Kode ini menunjukkan nilai bukaan diafragma lensa. Ada 2 tipe, pertama adalah yang mempunyai nilai bukaan diafragma konstan, ditandai dengan 1 angka saja, misalnya f/2.8 atau f/4. Kedua, mempunyai nilai bukaan diafragma variabel, ditandai adanya 2 angka, misalnya f/3.5-4.5 atau f/3.5-5.6

Number(mm) – Angka Focal Length

Setiap lensa pasti ada angka focal length / panjang fokal. Kode tersebut jelas memang untuk menunjukkan panjang fokal lensa tersebut terhadap sensor image-nya. Ada 2 tipe, pertama jika hanya ada 1 angka saja berarti Prime Lens, misal 50mm atau 85mm. Kedua jika ada 2 angka berarti Zoom Lens, misal 24-105mm atau 18-55

Nah semoga ulasan di atas tentang Memahami Kode-Kode Lensa Kamera DSLR bermanfaat untuk anda dan terima kasih atas kunjungannya ya.

Memahami Kode-Kode Lensa Kamera DSLR Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sania NIrmala

0 komentar:

Posting Komentar